MAHAKARTA

MAHAKARTA

Sabtu, 29 Maret 2014

LATGAB MENWA SE-MAHAKARTA



LATIHAN GABUNGAN (LATGAB MENWA) SE-MAHAKARTA
MAHASISWA SE-YOGYAKARTA
(15 DESEMBER DI UNIVERSITAS SANATA DHARMA )
Resimen Mahasiswa (disingkat menwa) adalah salah satu kekuatan sipil yang dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata). Markas komando Menwa bertempat diperguruan tinggi di kesatuan masing-masing yang anggotanya adalah mahasiswa atau mahasiswi yang berkedudukan di kampus tersebut. Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan dasar militer seperti penggunaan senjata, taktik pertempuran, survival, terjun payung, bela diri militer, senam militer, penyamaran, navigasi dan sebagainya. Semboyan Resimen Mahasiswa Indonesia adalah "Widya Çastrena Dharma Siddha",  yang berarti "Penyempurnaan Pengabdian Dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan". Yang dimaksudkan oleh Ilmu Pengetahuan adalah segala macam cabang keilmuan yang didapat saat menjadi mahasiswa. Hal ini dipergunakan untuk menempuh jenjang karier, dengan tidak melupakan tujuan utama melakukan pengabdian pada masyarakat. Sedangkan Ilmu Keprajuritan adalah yang bersangkutan dengan jiwa keperwiraan, keksatriaan serta kepemimpinan, bukan sekadar keahlian dalam bertempur atau pun yang sejenis.
Agenda Kegiatan ini di isi materi BINJAS dan PBB dilaksanakan oleh SATGAS KOMANDO MENWA MAHAKARTA, Kegiatan ini di mulai pukul 6 pagi-5sore yang dibuka oleh wadanmen Drs Achmad Fadli kegiatan ini di ikuti oleh PESERTA DELEGASI calon anggota menwa(CAMEN) dari Setiap SATUAN MENWA Se-Yogyakarta. diikuti oleh 140 peserta dari 14 satuan PTN/PTS se yogyakarta. Kegiatan untuk untuk menjalin jiwa kesatuan dan persatuan antar sesama mahasiswa se-yogyakarta dalam memupuk cinta tanah air.
Selain itu Latian gabungan ini untuk menjalin silaturahmi antar satuan dan perguruan tinggi se-yogyakarta guna menciptakan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air, kegiatan ini juga untuk Merencanakan, mempersiapkan, dan menyusun seluruh potensi Mahasiswa pada setiap provinsi, kota, dan kabupaten untuk menerapkan ketahanan Nasional dengan melaksanakan usaha dan kegiatan.juga untuk Membantu terlaksananya pembinaan kesadaran Bela Negara serta kelancaran kegiatan dan program lain disekitar perguruan tinggi.

Menwa yang notabene sebagi komponen cadangan ini terlatih dan siap jika dibutuhkan untuk membantu TNI/polri dalam rangka melaksanakan kegiatan pembinaan keamanan dan pertahanan Nasional, RESIMEN MAHASISWA ini Sebagai wadah penyaluran potensi Mahasiswa dalam mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam membela Negara, Mempersiapkan Mahasiswa yang memiliki sikap dsiplin, pengetahuan, fisik dan mental agar mampu melaksanakan tugas Bela Negara, Mempersiapkan potensi Mahasiwa sebagai bagian dari potensi rakyat dalam rangka Sishankamnas.

Salam komando

 

 

Oleh:   Eko Riyanto

Satgas/pelatih menwa Mahakarta