MAHAKARTA

MAHAKARTA

Selasa, 19 November 2013

MANFAAT REUNI ALUMNI DAN SENIOR MENWA Manggala yudha


Semangat Korps yang tetap terpatri didalam keyakinan Alumni Menwa UMBY membuka bingkai relung kehidupan,.... betapa pentingnya sebuah JIWA KORSA,,, .... SETIA HINGGA SAAT TERAKHIR DIDALAM SATU KEYAKINAN.,..

Sebagai Refleksi Diri

Reuni, alias pertemuan kembali setelah lama berpisah, selalu menjadi menyenangkan jika dihadiri banyak orang yang tentunya merupakan teman-teman lama. SAT MENWA MANGGALA YUDHA UMBY mengungkapkan pandangannya soal manfaat reuni:

- Kenangan
Reuni merupakan semacam sarana untuk melihat kembali diri kita beberapa tahun ke belakang. Dengan melihat masa lalu, seseorang akan mengerti bahwa kehidupan yang dia jalani selama ini merupakan suatu hal yang sangat penting. “Setiap orang melalui kenangannya pasti akan membuat monumen-monumen dirinya agar dapat selalu mengingat bahwa dia berkembang,” .

- Harga diri
Melalui sebuah reuni, seseorang juga bisa mendapatkan self esteem. Hal yang satu ini merupakan sebuah bentuk penghargaan terhadap diri sendiri atas apa yang telah dicapai selama ini. “Saat reuni pasti bertemu dengan teman-teman lama yang tentunya tahu sifat kita yang dulu. Mungkin dulu kita dianggap tidak mampu maka reuni dapat dijadikan sebagai sebuah pembuktian diri bahwa dia telah berhasil. Self esteem melalui teman-teman lama mempunyai dampak yang lebih besar,”

. Jika self esteem itu terpenuhi maka kehidupan psikologis orang tersebut akan lebih stabil dan mapan. Sedangkan mereka yang tidak terpenuhi akan terus menerus merasa minder dan sukar untuk bergaul.

- Refleksi
Reuni yang digelar secara besar-besaran atau sederhana dapat memenuhi kebutuhan manusia untuk merefleksi diri atau menilai diri, menjaga ikatan sosial agar tetap utuh, menjaga keterlibatan dirinya dalam sebuah komunitas sebagai bentuk identitas diri, dan juga untuk memenuhi kebutuhan atas keberakaran (asal-usul) yang jelas. Tanpa memenuhi kebutuhan itu, seseroang nantinya cenderung akan lupa diri.

- Bersenang-senang
Kemudian, jika acara reuni digelar dengan penuh keceriaan atau bahkan memungkinkan pesertanya untuk merasakan kembali masa mudanya maka reuni juga dapat berfungsi sebagai pelepasan stres atau memberikan efek katarsis. Yaitu melepaskan energi-energi negatif atau tekanan-tekanan dalam kehidupan. “Reuni juga bisa dijadikan alternatif kegiatan rekreasi yang memberi efek relaksasi jika acaranya dikonsep penuh kegembiraan,”

Semoga kekeluargaan yang telah terbina dapat membuahkan hasil yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.
SALAM KOMANDO...........

OLEH: UR DIKLAT SAT MENWA MANGGALA YUDHA UMB YOGYAKARTA