MAHAKARTA

MAHAKARTA

Kamis, 06 November 2014

Calon Anggota menwa UMBY Korps manggala yudha Berlatih beladiri militer(BDM)


Masih banyak orang yang beranggapan bahwa berlatih beladiri sama dengan berlatih kekerasan. Karena disana diajarkan cara memukul, menendang, menyerang, menghindar dan menangkis, yang merupakan gerakan-gerakan umum pada sebuah perkelahian. Apalagi ditambah dengan dengan film action atau cerita-cerita laga yang selalu mengkaitkan beladiri dengan kekerasan
di satuan manggala yudha akan di ajarkan beladiri menwa
Latihan beladiri
Beberapa manfaat berlatih beladiri :
Tujuan utama membeladiri adalah selamat. Terkadang sebuah konflik atau kejahatan bisa dihindari ketika lawan atau pelaku kejahatan mengurungkan niat untuk berhadapan dengan kita karena emosi mereka menurun atau menjadi segan, jika kita menghadapinya dengan tenang dan percaya diri. Namun jika konflik tidak bisa dihindari, setidaknya kita sudah siap untuk menghadapinya
Lebih Sehat dan Bugar
Seperti halnya manfaat olah raga yang lain. Berlatih beladiri secara teratur sama manfaatnya dengan berolahraga secara teratur, yaitu akan meningkatkan kebugaran, karena otot yang ada akan terlatih untuk bergerak dan membuat tubuh menjadi lebih sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh dan tidak mudah sakit. Gerakan-gerakan tertentu, terutama yang menggunakan unsur kecepatan, turut memacu fungsi jantung dan paru-paru. Sehingga peredaran darah dan nafas kita akan lebih lancar.
Membuat otot Lebih Kuat dan fleksibel
Gerakan memukul, menendang, merunduk, melompat dan lainnya seringkali diterapkan dalam seni bela diri. Gerakan lainnya seperti gerakan berlari, sit up, push up, berjalan juga jongkok semua itu bisa melatih otot kita agar menjadi lebih kuat, cekatan, tangkas, cepat.
Meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian
Ketika kita merasa mempunyai kemampuan lebih maka akan bisa meningkatkan rasa percaya diri. Disamping itu memang dalam perguruan beladiri umumnya memang kita dilatih dan dikondisikan agar rasa percaya diri serta keberanian kita muncul.
Meningkatkan kedisiplinan
Setiap bela diri pastinya akan memilki teknik/ jurus dan aturan, yang harus diterapkan dengan displin. Karena tanpa adanya displin dalam menerapkan jurus maupun aturan, sangat dimungkinkan bahwa hasil dari berlatih beladiri tidak akan maksimal. Tingkatan dalam beladiri juga memaksa seseorang untuk berusaha dengan disiplin, untuk memenuhi beberapa persyaratan untuk mencapainya. Pada ujian kenaikan tingkat maka ada beberapa materi yang diujikan untuk bisa memenuhi syarat naik tingkat, misalnya penguasaan teknik, penerapan jurus, kecepatan maupun daya tahan. Dan ini hanya bisa dicapai dengan disiplin diri. Walaupun penguasaan tekniknya bagus, namun penerapan atau kecepatannya tidak memenuhi syarat tentu bisa menggagalkan hasil ujian tersebut.
Dansat Red.

 umby
 UMBY
DANSAT red..2013-2014